Thursday, August 4, 2016

BAKPIA IKAN, SOLUSI DAN INOVASI BARU DALAM MENGOLAH HASIL LAUT

Pekerjaan masyarakat Romben Barat selain petani siwalan, juga sebagai nelayan. Hal tersebut tampak jelas jika dilihat dari ekologi desa romben barat. Desa ini berada di paling ujung timur pulau Madura dan diapit oleh selat Madura.

Perairan di romben barat masih bersih dari pencemaran  lingkungan. Keadaan air yang jernih dan penggunaan alat tangkap ikan yang aman, berpengaruh pada pendapatan para nelayan. Dominan jumlah pendapatan para nelayan cenderung normal disetiap harinya. Jadi, hasil laut merupakan ragam potensi lain yang bisa dimanfaatkan selain pohon siwalan. khususnya bagi warga Romben Barat.

Ikan laut dikenal dengan banyak mengandung omega3, protein, asam lemak tak jenuh, vitasmin d, vitamin b, mineral, zat besi, yodium, dan vitamin e yang sangat dibutuhkan tubuh. Hasil laut yang biasa didapat oleh nelayan romben barat adalah ikan pindang dan tongkol. Para nelayan dominan  hanya menjual hasil laut secara langsung tanpa diolah, atau sekedar dikukus saja. Jika dibandingkan dengan ikan yang telah diolah dengan yang masih mentah, maka nilai jualnya pun berbeda. 

Melihat kondisi diatas, munculah ide untuk membuat olahan bakpia dari ikan sebagai solusi cerdas agar hasil tangkapan ikan juga bisa diolah dan menjadi sumber ekonomi baru di Romben Barat. 

Berikut bahan yang dibutuhkan untuk membuat bakpia ikan:
kulit luar
tepung terigu 250 gr
margarin 40 gr
mentega 20 gr
garam secukupnya
gula secukupnya
air secukupnya

kulit dalam
tepung terigu 125gr
margarin 100gr

isian
abon ikan (tongkol)

alat yang digunakan:
baskom
Loyang
Oven
Alat penghalus bumbu

Cara membuat
kulit dalam (pertama)
campur adonan dan kemudian uleni bahan hinggga kalis.

kulit luar
campur dan aduk hingga tercampur rata. Uleni dan bentuk bulat – bulat sesuai selera, kemudian bungkus kulit pertama dengan kulit kedua , lalu direndam kedalam minyak goreng selama 15 menit (sampai terendam)

isian
setelah perendaman (adonan) maka dilanjutkan dengan pemipihan dan pengisian abon ikan (secukupnya) lalu adonan dibulatkan dibentuk dan siap untuk di oven, setelah adonan siap untuk di oven Loyang di olesi margarin terlebih dahulu.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Paling Dilihat

Blogger templates