Sunday, August 7, 2016

KARANG TARUNA SEBAGAI WADAH PEMUDA DALAM MEMBANGUN DESA

Karang adalah tempat. Sedangkan taruna adalah pemuda jadi karang taruna adalah tempat kegiatan para pemuda.  Pemuda atau remaja memiliki banyak potensi diri. Akan tetapi, jika tidak dilakukan pembinaan maka potensi tersebut tidak tergali, semangatnya melemah, sehingga tidak ada perbedaan antara yang muda dan tua selain dari segi fisik. Atau,  yang lebih buruk lagi,  jika potensi para pemuda tersebut  digunakan untuk hal hal yang kurang baik.
Oleh karena itu, dibentuklah Karang taruna sebagai organisasi pemuda yang biasanya ada  di desa atau kampung.  Dalam hal ini, khususnya di desa romben barat. Meskipun organisasi ini kecil, tetapi sangat bermanfaat bagi banyak pemuda. Sebab, tidak semua pemuda yang ada didesa memiliki pengalaman berorganisasi. Mereka para pemuda di kumpulkan menjadi satu  agar apresiasi dan juga kreatifitas mereka dapat tertuang dalam wadah yang positif.
“Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, beri aku 10 pemuda maka akan ku goncangkan dunia”. Kata kata proklamator itulah yang membuktikan bahwa para pemuda memiliki potensi yang luar biasa.
Karang taruna juga bermanfaat untuk bekal para pemuda di dunia kerja. Yaitu, tidak hanya skill yang didapatkan, pengalaman berorganisasi, dan bersosialisasi dengan khalayak ramai. Serta belajar untuk musyawarah mufakat dalam mengambil suatu tindakan kebijakan demi tujuan bersama.
Bertepatan pada tanggal 20 Juli 2016 para pemuda Romben Barat berkumpul dan duduk bersama untuk mencapai satu tujuan yaitu terbentuknya karang taruna. Pembentukan ini terjadi dalam 3 kali pertemuan,  pertemuan pertama para pemuda diberikan sosialisasi dan gambaran umum tentang karang taruna.
Sosialisasi tersebut, sangat membantu wawasan untuk  para pemuda romben barat. Banyak sekali pertanyaan, dimana yang pada intinya mereka belum tahu secara rinci seperti apa karang taruna itu. Waktu terus saja berjalan, hingga disepakati kembali akan mengadakan pertemuan selanjutnya.

     Pada pertemuan kedua tepatnya hari Senin tanggal 25 Juli 2016 para pemuda diberikan suntikan motivasi sekaligus pembentukan karang taruna sekaligus struktur keorganisasian dan jobdisk dari masing-masing kepengurusan. Pada pertemuan kedua ini disepakatilah Heri sebagai ketua dari karang taruna desa romben barat. 

Pertemuan ketiga, yaitu tanggal 27 Juli 2016 dilakukan pertemuan antar anggota karang taruna secara santai. Dimana para pemuda karang taruna yang masuk dalam keorganisasian memaparkan tentang program kerja yang akan dilaksanakan dalam rangka memajukan desa Romben Barat. Bukan suatu hal yang mudah untuk berani bermimpi, andalkan diri sendiri, dan berani berbuat. Tetapi, pemuda romben barat membuktikan diri, bahwa mereka mampu membuat pilihan untuk menjadi pemuda yang lebih baik dari sebelumnya. Dengan berani menyatukan aspirasi dan harapan  dalam suatu wadah dalam naungan desa yaitu karang taruna.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Paling Dilihat

Blogger templates