Thursday, August 4, 2016

STICK SIWALAN: INOVASI SIWALAN DARI ROMBEN BARAT

Siwalan adalah sejenis palma yang dominan terdapat di daerah kering. Di Indonesia, siwalan banyak dijumpai pada bagian timur pulau jawa, Madura, bali, dll. Khususnya Madura, pohon siwalan juga banyak dijumpai di desa Romben Barat, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep. 

Pohon siwalan memiliki banyak potensi yang dapat dimanfaatkan. Namun, pembahasan dalam artikel ini hanya berfokus pada buahnya saja. Biji buah siwalan yang muda memiliki karakteristik daging yang lunak. Sedangkan semakin tua buah itu, maka tektur dagingnya akan menjadi sangat keras. Berwarna putih dan agak sedikit berlendir.  Memiliki aroma  khas dan rasa yang sedikit manis. 

Sedangkan kandungan gizi yang terdapat pada biji buah siwalan antara lain,mengandung gula, mineral, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin C, vitamin B1, protein, specific gravity, nitrogen, dan PH.
Pohon siwalan tumbuh subur dan kokoh disepanjang pekarangan warga desa romben barat. Sehingga, pohon siwalan menjadi salah satu komuditi terbesar yang ada di Romben Barat.  Masyarakat romben barat, cenderung hanya memanfaatkan air niranya saja sebagai olahan gula merah.  Daun pohon siwalan digunakan sebagian warga saja, sebagai kerajinan yang dinamakan popos oleh masyarakat setempat. Sedangkan buah dari pohon siwalan ini, tidak mendapat perhatian sama sekali. Sehingga dimata warga romben barat buah ini tidak memiliki manfaat nilai sama sekali selain dimakan langsung.

Karena tidak pernah dimanfaatkan berbagai macam olahan, buah siwalan tersebut sering diambil dan dimanfaatkan oleh warga desa lain. Oleh karena itu, muncullah ide olahan stick dengan bahan siwalan. Ide ini  tidak lain agar buah siwalan bisa dimanfaatkan dan memiliki nilai ekonomis, khususnya bagi warga desa romben barat ini.

Pembuatan stick siwalan ini cukup simple dan membutuhkan waktu yang relative singkat. Stick siwalan ini juga bisa dikreasikan dengan berbagai macam  rasa seperti: original, BBQ, jagung bakar, balado, keju, dll. Bahan dan alat yang digunakankan juga cukup mudah di temukan oleh masyarakat kota maupun desa. 

Berikut bahan yang dibutuhkan untuk membuat stick siwalan:
Siwalan 25 biji perkilogram tepung
tepung terigu: 1 kg
mentega: 4 sendok makan
minyak goreng: 0.5 liter air
legen: setengah cangkir

bumbu:
bawang putih: 5 siung
merica: secukupnya
penyedap rasa: sesuai selera
garam: secukupnya

Berikut alat  yang dibutuhkan untuk membuat stick siwalan:
alat pengorengan
baskom
gilingan
blender (opsi)

cara membuat:
cairkan mentega dan haluskan semua bumbu, lalu campurkan pada bahan hingga menjadi  adonan yang  kalis. Giling dan bentuk seperti korek api dengan menggunakan pastemaker (opsi), kemudian goreng dengan minyak panas, lalu tiriskan. Setelah dingin masukan toples.


Share:

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Paling Dilihat

Blogger templates